Membuka flashdisk usb pada linux melalui terminal

      
     Untuk dapat diakses pada mesin linux, setiap drive penyimpanan / storage media yang hendak diakses harus di-mount atau di kaitkan terlebih dahulu kedalam suatu direktori dalam filesystem linux. Dimana folder tersebut berfungsi sebagai alamat dari volume atau isi dari suatu drive penyimpanan.

Pada sistem operasi linux yang berbasis GUI, biasanya media penyimpanan external seperti flashdisk yang baru terhubung akan secara otomatis di-mount kedalam direktori /media/
Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan sedikit bagaimana cara mounting atau mengaitkan flashdisk pada linux berbasis text.(sebelumnya, anda harus menjadi superuser / root dahulu dengan perintah "su" atau "sudo su". Dan berhati-hatilah ketika anda menjadi root, karena anda bebas mengakses filesystem.)

1. Pertama, hubungkan flashdisk pada mesin/komputer.
Perhatikan saat flashdisk terhubung, biasanya terminal akan menunjukkan bahwa ada drive yang baru terhubung beserta nama device dari drive tersebut. Biasanya berawalan "sd"(secondary drive) seperti "sdb" atau "sda".

2. Setelah itu, tekan ctrl+c untuk meng-interupsi perintah-perintah yang masih berjalan. Lalu periksa lokasi device tersebut dengan perintah
ls /dev/
Dan cari nama device yang baru dihubungkan. Biasanya device tadi punya beberapa turunan seperti "sdb1",dst yang menunjukkan partisi logical dari device fisik "sdb".

3. Setelah itu buatlah sebuah direktori di dalam direktori /media untuk mengaitkan flashdisk dengan perintah:
mkdir /media/flashdisk
atau ganti nama flashdisk terserah anda dengan syarat tidak boleh menggunakan spasi atau karakter tidak biasa, dan perhatikan juga huruf besar-kecilnya.

4. Kemudian, kaitkan flashdisk pada folder yang baru dibuat tadi dengan perintah:
mount -t vfat /dev/sdb1 /media/flashdisk
penjelasan:
perintah mount: mount [opsi] [format] [alamat device] [alamat direktori kaitan]

  • mount -t = perintah dasar untuk mounting
  • vfat = format filesystem default flashdisk(fat32)
  • /dev/sdb1 = alamat device
  • /media/flashdisk = alamat kaitan

5. Jika terminal tidak menunjukkan pesan kesalahan, cek flashdisk yang baru di mount tadi dengan perintah:
ls /media/flashdisk
Jika isi dari flashdisk dapat ditampilkan berarti anda berhasil mengaitkan flashdisk anda ke direktori /media/flashdisk, isi dari flashdisk anda akan dianggap sebagai isi dari direktori tersebut.

6.Jika tidak berhasil, maka periksa langkah 1-5, apakah ada yang terlewat. dan pastikan:

  • Direktori untuk kaitan sudah dibuat.
  • Nama device benar. jika tidak yakin, anda bisa mengganti nama device anda pada saat mounting menjadi setelahnya("sdb" menjadi "sdb1" atau seterusnya) sampai tidak ada pesan kesalahan(trial and error).
  • Pastikan anda masuk sebagai super user / root.
Demikianlah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Tiada kata "salah" dalam mencoba hal-hal yang benar.
Mohon maaf bila ada kesalahan kata atau kerusakan yang disebabkan oleh informasi ini. Saya hanya ingin sharing informasi. dan saya yakin tidak ada kerusakan yang akan timbul jika anda mengikuti langkah 1-5 dengan hati-hati.
Terima kasih sudah mampir.

sumber : http://code-stacks.blogspot.com/2012/02/membuka-flashdisk-usb-pada-linux.html 
Previous
Next Post »