Generasi Pengganti WiFi Sudah Mulai Dikembangkan



         Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

         Anditii.web.id - Semakin hari yang namanya perkembangan Tekhnologi tidak ada habis - habisnya, tekhnologi lama lambat laun mulai di hapus dan diganti dengan tekhnologi yang lebih maju, Hal ini akan terjadi pada tekhnologi WiFi yang sudah lama kita kenal dan akan mulai tergantikan dengan Tekhnologi terbaru yang bernama LiFi.

         Yups LiFi mungkin masih sedikit terdengar asing ditelinga tetapi tekhnologi ini sudah mulai dikembangkan untuk menggantikan keberadaan WiFi sendiri, LiFi adalah singkatan dari Light Fidelity, mungkin dengan naa panjangnya kalian sudah ada sedikit gambaran apa yang membedakan LiFi dengan WiFi dan membuat LiFi lebih Canggih.

           Baca Juga :
           - Cara Praktis Translate Web Bahasa Asing
           - Download MI PC Suit Terbaru v3.2.1
           - Ulasan Lengkap Fitur Unggulan dari MIUI 8
           - Cara Setting ePSXe 1.7.0 Kualitas Bagus Tidak Pecah - Pecah

          LiFi memanfaatkan Cahaya sebagai sumber pemancar, jadi Cahaya ini digunakan sebagai media penghantar dari media optic, dan cahaya yang diterima dan diperkuat kemudian diteruskan kepada device komputasi secara nirkabel mirip dengan konsep WiFi cuman beda medianya saja.


        Mungkin skema diatas bisa memberikan gambaran yang lebih jelas bagaimana tekhnologi LiFi bekerja dengan adanya base stasion yang berupa lampu jalan ataupun lampu didalam ruangan sebagai pemancar yang nantinya akan diterima oleh perangkat elektronik.

           Baca Juga :
           - Mengenal Lebih Jauh Apa Itu OpenBTS??
           - Mengenal apa itu USRP??
           - Cara Mengatasi Error coredumper-1.2.1.tar.gz Not Found
           - Cara Cek Nomor IMSI SIM Card

        Tetapi yang namanya sebuah tekhnologi pasti ada kekurangan dan kelebihannya masing masing begitupun dengan LiFi, berikut ini kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh LiFi :
  • Kelebihan 1 : Tekhnologi LiFi tidak hanya dikembangkan oleh satu pihak saja tetapi banyak pihak yang berkontribusi didalamnya, dalam percobaan tersebut bahwa LiFi bisa mengirimkan data dengan kecepatan sampai 100Gbps dengan kata lain ini sudah jelas bahwa LiFi berkali kali lipat lebih baik daripada WiFi, selain itu dengan kecepatan seperti itu LiFi akan bisa menjangkau semua area termasuk area terpencil sekalipun yang tidak terdapat akses kabel Fiber Optic.
  • Kelebihan 2 : Selain kelebihan yang sudah mimin sebutkan diatas LiFi juga memiliki kelebihan yang lain yaitu bisa melakukan kontrol lalu lintas dengan menggunakan tekhnologi baru ini dengan LED Mobil dan juga lampu overhead pesawat secara otomatis pengguna akan merasa nyaman dengan adanya tekhnologi baru ini.
  • Kekurangan 1 : Setelah berbicara kelebihan saatnya kita berbicara tentang kekurangnnya, yah kekurangannya adalah LiFi memerlukan line-of-sight yang benar - benar sempurna untuk mengirimkan data karena dituntut kesempurnaan makanya tekhnologi ini masih terus dikembangkan sampai saat ini.
  • Kekurangan 2 : yang kedua adalah masalah feedback pengiriman data dari perangkat ke pemancar yang masih belum optimal dan harus optimal supaya tidak terjadi masalah seperti kehilangan data atau yang lainnya.
        Semoga saja tekhnologi ini bisa cepat diselesaikan dan bisa langsung diterapkan demi kenyamanan yang akan semakin baik dirasakan oleh semuanya hehehe.

        Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Previous
Next Post »
### skrip untuk pop up email pendaftaran