Mengenal VMWare Hypervisor ESXi

Mengenal VMWare Hypervisor ESXi-anditii.web.id

            Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

     Anditii.web.id - seharusnya setelah memperkenalkan konsep virtualisasi mimin masuknya ke pembahasan VMWare Hypervisor ESXi ini karena pembahasan ini merupakan pangkal yang perlu kalian ketahui, jadi VMWare Hypervisor ESXi ini adalah operating system semacam windows atau linux yang fungsi utamanya bertugas untuk pengelolaan Virtualization  Technology yang biasanya digunakan pada data center, meskipun fiturnya tidak selengkap VMWare vsphere dengan lisensi komersial, pihak dari VMWare juga menyediakan ESXi Hypervisor ini secara gratis yang merupakan engin virtualisasi tekhnologi berbasis VMWare VSphere.

          Mungkin kalian agak sedikit kebingungan dengan berbagai macam istilah dan ketentuan yang ada pada product VMWare ini, berikut akan mimin jelaskan beberapa istilah istilah yang terkait dengannya supaya kalian lebih paham :

  1. ESXi Hypervisor atau VMWare VSphere ESXi : keduanya sama saja dan bersifat free, ciri khususnya berupa CLI (Command Line Interface) atau Console, untuk melakukan konfigurasi kalian diwajibkan menggunakan SSH untuk mengaksesnya tapi bagi kalian yang belum begitu familliar dengan CLI atau text base bisa menggunakan bantuan VSphere Client yang kemarin sudah mimin bahas sebelumnya.
  2. ESXi Hypervisor bersifat trial 60 hari : yups saat pertama kalian install ESXi Hypervisor ini memang bersifat trial 60 hari, katanya free min gmn sih?? tenang dulu belum selesai mimin bicara heehehe, jadi saat kalian sudah selesai melakukan installasi kalian bisa mengaktifkannya agar tidak trial lagi dengan menggunakan lisensi yang kalian bisa dapatkan di dalam web resminya dengan cara registrasi terlebih dahulu melalui link ini 
  3. Kegunaan Lisensi : namanya juga lisensi software fungsi utama dari lisensi ini untuk membuka fitur yang secara default belum aktif pada versi trial nya atau pada kelas lisensi dibawahnya, jadi semakin tinggi lisensi yang kalian miliki untuk product dari VMWare ini maka kalian akan mendapatkan fitur lebih lengkap dan pastinya lisensi full harganya juga yaaaah nabung aja nabung dulu hehehe
  4. ESXI Hypervisor merupakan engin suit dari VMWare VSphere : maksutnya adalah ESXi Hypervisor free atau versi berbayarnya sama sama menggunakan installer yang sama, yang membedakan hanya pada bagian lisensi diatas saja karena secara default versi free tidak membuka keseluruhan fitur nya.
           Tentu kalian akan bertanya tanya spesifikasi yang dibutuhkan untuk menginstall ESXi Hypervisor ini berapa sih min? ini dia akan mimin tampilkan spesifikasinya yang dibutuhkan :

Mengenal VMWare Hypervisor ESXi-anditii.web.id

           Nah ngomong - ngomong tentang versi free nya, apa saja sih yang didapatkan sebelum mencoba versi berbayarnya tidak salah kan kalau kita mengetahui fitur free nya dulu, kalau dirasa versi free nya sudah cukup ok kan mubadzir kalau harus langsung beli lisensi full nya kecuali kalau sudah upgrade kebutuhannya, berikut limitasinya :
  1. Jumlah core per physical CPU : Unlimited
  2. Jumlah Physical CPU per Host : Unlimited
  3. Jumlah vCPU atau virtual CPU per Virtual Machine : 8
  4. Operating system yang di support bisa kalian cek disini
  5. Tidak bisa cloaning VM
  6. Tidak ada alarm dan SNMP support untuk monitoring
  7. Batasan RAM per host 32GB, jika server fisik memiliki RAM lebih dari 32GB kalian harus merubah settingan BIOS agar RAM yang terbaca hanya sebesar 32GB atau bisa juga mengurangi jumlah keping RAM agar maksimal jumlahnya 32GB, lain halnya jika server fisik memiliki RAM lebih besar dari 32GB dan menggunakan ESXi free edition maka saat kalian akan menginstall nya akan ditolak, kalaupun menambahkan RAM nya saat installasi sudah selesai maka ESXi nya tidak akan mau booting
  8. Disable Storage API, maksutnya adalah kalian tidak bisa melakukan backup dan recovery virtual machine kalian kalau menggunakan free edition baik melalui fitur bawaan VMWare nya sendiri maupun dari pihak ke 3 sekalipun tidak bisa ya tidak bisa hehehe
          Yang terakhir mimin akan memberikan tips dan trik bagaimana memilih lisensi yang sesuai dengan kebutuhan kalian jika memang kalian memutuskan untuk membeli lisensi nya dari VMWare agar pas fungsinya dan juga yang terpenting pas di kantong hehehe :
  1. Jika kalian baru migrasi dari server fisik ke server virtual saran mimin belilah lisensi vsphere Essential Kit, karena biayanya paling murah dan bisa digunakan untuk 3 server, sudah menyertakan vcenter dan beberapa opsinya tidak overkill selain itu storage API nya sudah enable dengan kata lain kalian bisa melakukan backup dan restore virtual machine nya, biasanya ini lebih cocok untuk small business.
  2. Jika kalian belum puas dengan lisensi Essential Kit bagi yang baru migrasi, bisa melirik Essential Kit Plus yang menyediakan fitur lebih advanced seperti VMWare Data Protection, High Avaibillity dan yang lainnya.
  3. Jika kalian sudah mempunyai salah satu dari lisensi standart, enterprise atau enterprise plus dan ingin melakukan penambahan lisensi mimin sarankan untuk membeli lisensi satuan dari salah satu diatas bukan lisensi paket karena akan lebih menghemat biaya dan fungsinya pun lebih pas untuk kebutuhan kalian, tetapi dari ke tiga lisensi diatas tersebut (standart, enterprise dan enterprise plus) harus membeli lisensi vcenter secara terpisah secara sekaligus hal ini dilakukan setiap kali kalian ingin menambahkan jumlah server atau CPU jika sudah melebihi batas lisensi yang kalian miliki.
Previous
Next Post »
### skrip untuk pop up email pendaftaran