[Linux Tutorial] 1. Command Line

[Linux Tutorial] 1. Command Line-anditii.web.id


         
               Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

               Anditii.web.id - Selamat pagi semuanya kembali lagi nih kali ini mimin akan coba untuk membahas salah satu system operasi yaitu linux, bukan secara spesifik tapi untuk saat ini secara global dulu, apa yang kalian bayangkan kalau mendengar kata linux?? mungkin ada yang ber pendapat gratis, opensource, asing, susah atau apalah itu semuanya benar tapi kalau dibilang susah itu relatif tergantung dari jam terbang dan kemauan kalian untuk belajar.

            Ok mimin akan mengerucutkan pembahasannya pada satu topic yaitu Command Line , yups linux dalam segi tampilan ada 2 macam yang pertama GUI dan satunya Text Base, didalam keduanya terdapat Command line tapi di GUI tidak terlalu dominan, apa itu command line?? Command line ada suatu metode interaksi antara kalian sebagai pengguna dengan system operasi dengan mengetikkan perintah untuk menjalankan suatu tugas tertentu kurang lebihnya seperti itu.
   
               Baca Juga :
               - Cara mengatasi error missing LIBZMQ5 di Ubuntu 14.04 Server
               - Cara akses server linux dengan menggunakan WinSCP
               - Cara mengatasi error Coredumper-1.2.1.tar.gz Not Found

          Kalau di GUI untuk menggunakan command line kalian harus membuka yang namanya terminal sedangkan kalau di Text Base keseluruhan tampilan nya merupakan Command Line, dengan adanya Command Line ini kita bisa menjalankan beberapa tugas sekaligus bahkan pernah mimin alami ada beberapa eksekusi yang hanya bisa dilakukan pada command line dan tidak bisa dilakukan pada perintah grafis, berikut akan mimin tampilkan bagian - bagian apa saja sih yang ada pada command line serta beberapa baris command yang bisa kalian gunakan :

[Linux Tutorial] 1. Command Line-anditii.web.id

            Keterangan :

  • Baris 1 : Menampilkan prompt (root@ubuntu:) setelah prompt menampilkan lokasi directory (/home/gammugateway#) baru dilanjutkan Command Line setelah tanda # (ls -l) yang berfungsi untuk menampilkan isi dari directory gammugateway
  • Bari 2-4 : Merupakan feedback dari perintah yang kita jalankan menampilkan isi dari directory gammugateway
  • Baris 5 : Menampilkan prompt baru yang nantinya digunakan untuk mengetikkan command line berikutnya
            Note : 
            terminal yang akan kalian hadapi tidak ada penomoran seperti contoh gambar diatas, contoh gambar diatas mimin buat untuk memeudahkan pemahaman kalian saja dalam memahami command line itu sendiri.
         Cara menampilkan terminal tergantung dari linux apa yang kalian gunakan tetapi secara garis besar sama saja, bisa dengan mudah kalian ketikkan terminal di kolom search kalau kalian menggunakan linux berbasis GUI kalau berbasis text tidak usah kalian cari lagi yang ada dihadapan kalian itulah terminalnya tinggal eksekusi command line saja.

               Sekian dulu pembahasan kali ini semoga bermanfaat, CMIIW karena kita sama - sama belajar dan tunggu tutorial selanjutnya.

               Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.




Previous
Next Post »
### skrip untuk pop up email pendaftaran